candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS XI SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kusnul Chotimah Dwi Sanhadi, Mardiyana Mardiyana, Ikrar Pramudya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan yang dialami siswa
dalam memecahkan masalah pada materi program linear ditinjau dari kemampuan
memahami bacaan dan penyebab terjadinya kesulitan siswa tersebut. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA
MTA Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang dipilih berdasarkan kategori
tinggi-sedang-rendah dari kemampuan memahami bacaan mereka. Subjek yang
dipilih ada 6 siswa yang berasal dari kelas IIS dan MIA. Berdasarkan hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar siswa dengan kategori
memahami bacaan tinggi, sedang, dan rendah mengalami kesulitan dalam
melakukan prosedur matematika yang benar. Untuk siswa dengan kemampuan
memahami bacaan tinggi mengalami kesulitan dalam menentukan daerah arsiran
dari fungsi kendala sehingga siswa belum tepat dalam menentukan jawaban akhir.
Untuk siswa dengan kemampuan memahami bacaan sedang mengalami kesulitan
dalam menerjemahkan masalah ke dalam model matematika yakni siswa belum
mampu mengubah fungsi kendala ke dalam model matematika dan menentukan
simbol yang tepat. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam
menggambar grafik dan daerah penyelesaian pada persoalan matematika. Untuk
siswa dengan kemampuan memahami bacaan rendah diperoleh bahwa siswa belum
memahami konsep dasar pemecahan masalah materi program linear. Selain itu,
diperoleh bahwa penyebab terjadinya kesulitan adalah model pembelajaran yang
kurang sesuai, siswa merasa kurang jelas melihat gambar atau visualisasi
penjelasan guru, siswa belum mampu menghubungkan konsep-konsep matematika
dengan kenyataan yang ada, pemahaman bahasa matematika siswa yang rendah,
tingkat motivasi siswa yang rendah dalam memecahkan masalah, kontrol emosi
siswa yang tidak memadai, dan kurangnya latihan soal berkaitan materi tersebut.
Kata kunci: Kesulitan Siswa, Pemecahan Masalah, Kemampuan Memahami
Bacaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.