candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE PADA MATERI PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI

Zuni Eka Tiyas Rifayanti

Abstract


Banyak ditemui siswa yang memiliki prestasi matematika rendah. Padahal, saat
pembelajaran guru seringkali memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya. Untuk
pemecahan masalah itu peneliti bertujuan untuk Mendorong siswa untuk bertanya dengan
menumbuhkan easa ingin tahu mereka sehingga mereka lebih termotivasi untuk bertanya.
Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan meminta siswa mengungkapkan pertanyaan melalui
tulisan. Mendorong siswa untuk mengoptimalkan proses belajar secara fisisk, mental, dan
emosional untuk memperoleh hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai yang
diharapkan. Belajar aktif itu gesit, menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah, siswa
bahkan sering bergerak leluasa dan berpikir kreatif. strategi Question Student Have
merupakan strategi yang dikembangkan untuk melatih peserta didik agar memiliki
kemampuan dan keterampilan bertanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran
pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal
matematika materi pengolahan data. PenelitianinidiadakandiSDN JOGOSATRU Kabupaten
Sidoarjo. Subjek dalam penelitianiniadalahberjumlah 35 siswa. Dengan perincian terdiri dari
20 siswa dan 15 siswi kelas V. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpukan.
Pembelajaran aktif dengan strategi Question Student Have, dapat mengembangkan
kemampuan berpikir siswa dengan adanya proses membuat pertanyaan. Pembelajaran aktif
dengan strategi Question Student Have, dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif
dan psikomotor siswa. Yaitu dengan adanya aktivitas berdiskusi untuk memecahkan masalah
bersama kelompok
Kata kunci: Pembelajaran aktif, strategi Question Student Have, Persegi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.