candi borobudur kerajaan di indonesia

MOTIVASI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MELALUI QUANTUM TEACHING BERBASIS PROJEK

Muhamad Chamdani

Abstract


Pengembangan potensi diri mahasiswa perlu dioptimalkan melalui pendidikan atau
pembelajaran sebagai upaya strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia. Keberhasilan
studi mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang berasal dari dalam dan luar mahasiswa.
Faktor dari luar misalnya fasilitas belajar, cara mengajar dosen, sistem pemberian umpan
balik dan lain sebagainya, sedangkan faktor dari dalam meliputi kecerdasan, strategi belajar
mahasiswa, motivasi, kemandirian belajar, dan lain sebagainya. Motivasi merupakan salah
satu prasyarat yang sangat penting dalam proses pembelajaran, selain kelengkapan fasilitas
belajar, serta dosen yang tersedia. Dengan motivasi ada harapan supaya mahasiswa dalam
mengikuti perkuliahan mempunyai semangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
peningkatan motivasi belajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang mengikuti
perkuliahan perkembangan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan action research
melaui quantum teaching berbasis proyek yaitu dengan memberi tugas kepada mahasiswa
secara langsung ―real work project‖ dengan menggunakan dua langkah yaitu merancang
proyek dan mengumpulkan data (mengukur motivasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) mahasiswa termotivasi dengan penerapan metode berbasis proyek, (2) level motivasi
mahasiswa meningkat dalam mengikuti mata kuliah perkembangan peserta didik.
Kata Kunci: motivasi, quantum teaching, metode proyek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.