candi borobudur kerajaan di indonesia

TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE: SEBUAH KERANGKA PENGETAHUAN BAGI GURU INDONESIA DI ERA MEA

Abdul Rosyid

Abstract


Tujuan pendidikan nasional Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan tersebut merupakan suatu pengharapan agar Bangsa Indonesia bisa bersaing dengan
bangsa lainnya di kancah internasional khususnya di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
sekarang ini. Sudah saatnya pendidikan di Indonesia berbenah agar bangsa Indonesia bisa
bersaing dengan bangsa lainnya. Pembenahan yang mendasar dalam pendidikan adalah terkait
dengan kualitas dan kompetensi guru Indonesia. Guru Indonesia seharusnya menyadari posisi
mereka dalam era MEA ini dan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka agar bisa
mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia. Guru Indonesia perlu mencermati betul
bagaimana kualitas yang sudah dicapai dan bagaimana mengejar ketertinggalan, agar Bangsa
Indonesia sejajar dengan bangsa lain dan siap bersaing dalam menghadapi MEA. Hadirnya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa dijadikan salah satu cara untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Untuk bisa
mewujudkan hal tersebut, seorang guru perlu memahami dan mimiliki kemampuan
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang merupakan pengembangan
dari Pedagogical Content Knowledge (PCK)-nya Shulman (1986). Tiga kajian pengetahuan
utama dalam Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah technological
knowledge, content knowledge, dan pedagogical knowledge serta interaksi diantara setiap dua
pengetahuan tersebut dan diantara semua pengetahuan tersebut. Berbagai penelitian baik yang
terkait Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) maupun Pedagogical
Content Knowledge (PCK) mengindikasikan bahwa hal tersebut merupakan pengetahuan yang
penting untuk pengembangan keterampilan profesional guru dan calon guru.
Kata Kunci: TPACK, PCK, MEA, Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.