candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN

Moh Salimi, Suhartono Suhartono, Imam Suyanto, Tri Saptuti Susiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan memproleh gambaran tentang pembelajaran yang mendidik
meliputi: (1) perencanaan pembelajaran yang mendidik; (2) pelaksanaan pembelajaran yang
mendidik; dan (3) penilaian pembelajaran yang mendidik. Penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah
siswa dan guru SD di Kabupaten Kebumen. Simpulan ini berupa: (1) perencanaan
pembelajaran yang mendidik harus memiliki unsur tujuan pembelajaran yang utuh (kognitifafektif-keterampilan), kegiatan pembelajaran (termasuk bahan dan media) yang menujang
tercapainya tujuan pembelajaran, dan instrumen penilaian yang dapat menilaian ketercapaian
tujuan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik fokus pada kolaborasi
antara siswa, guru, dan lingkungan dalam rang mencapai tujuan pembelajaran yang utuh
(kognitif-afektif-keterampilan), seperti: menyusun puzzle, diskusi, dan kerjasama; (3)
penilaian pembelajaran yang mendidik merupakan kegiatan komprehensif dalam rangka
menilai ketercapaian tujuan pembelajaran yang utuh (kognitif-afektif-keterampilan), seperti:
kegiatan tes, observasi, dan unjuk kerja.
Kata Kunci: Pembelajaran, Mendidik, Sekolah Dasar, Kebumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.