candi borobudur kerajaan di indonesia

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASIPENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Jenny Indrastoeti SP

Abstract


Sekolah-sekolah pada saat ini menghadapi tantangan di dalam mendidik generasi muda
yang merupakan penerus bangsa, dalam hal membentuk dan mengembangkan karakter.
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal I UU
Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah
mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak
mulia. Amanah UU Sisdiknas tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak hanya
membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter.
Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk dimulai pada anak usia dini karena
pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai,
sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Melalui
implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar, diharapkan peserta didik memiliki nilainilai moral dan budi pekerti yang membentuk kepribadian yang tangguh. Peserta didik
merupakan generasi yang akan menentukan nasib bangsa di kemudian hari. Karakter yang
terbentuk sejak sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari. Karakter
akan terbentuk dengan baik, jika dalam proses tumbuh kembang, mereka mendapatkan cukup
ruang untuk mengekspresikan diri secara leluasa. Artikel ini akan membahas tentang
pendidikan karakter di sekolah dasar, dan pelaksanaan penerapan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: karakter, pendidikan, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.