candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Arif Wahyu Wirawan, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter
peserta didik kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 3 Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dengan wawancara, studi pustaka dan observasi medalam dengan kepala
sekolah, guru bidang keahlian administrasi perkantoran dan peserta didik SMK Negeri 3
Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri 3 Surakarta telah
melaksanakan kegiatan pendidikan karakter; (2) Dalam kegiatan pembelajaran, guru membuat
perencanaan dengan mengembangkan nilai-nilai karakter dalam perangkat embelajaran
seperti silabus dan RPP; (3) Pelakasanaan pendidikan karakter dilakukan dengan kegiatan
pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler; (4) Nilai-nilai
karakter yang sering ditanamkan dalampembelajaran produktif administrasi perkantoran
adalah religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
bersahabat/komunikatif, tanggungjawab; (5) Hambatannya adalah guru tidak dapat memantau
kegiatan peserta didik dilingkungan tempat tinggal, upaya yang dilakukan untuk mengatasi
hambatan adalah menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik.
Kata Kunci: Pendidikan Karakater, Sekolah Menengah Kejuruan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.