candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN SEVEN JUMPS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN KARAKTER SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERISTIWA ALAM

Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PjBL dan Seven Jumps
terhadap keterampilan proses dan karakter sains peserta didik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Pejagoan Kebumen tahun pelajaran
2015/2016 sebanyak 2 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh
dengan ketentuan kelas VA menggunakan metode Seven Jumps dan kelas VB menggunakan
metode PjBL. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mendapatkan data
keterampilan proses sains dan metode angket untuk mendapatkan data karakter sains peserta
didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh metode PjBL dan Seven Jumps terhadap keterampilan
proses sains; (2) tidak ada pengaruh metode PjBL dan Seven Jumps terhadap karakter sains.
Kata Kunci: PjBL, Seven Jumps, Keterampilan Proses Sains, Karakter Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.