candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Rena Surya Rohana

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan dilapangan khususnya pembelajaran
IPA masih cenderung berfokus pada buku teks serta jarang menggunakan model pembelajaran
yang bervariatif sehingga kreativitas dan penguasaan konsep siswa menjadi terbatas. Tujuan
dari penelitian ini adalah penerapan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif dan penguasaan konsep peserta didik pada materi makanan dan kesehatan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di sekolah tersebut yang berjumlah 70 siswa yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas
kontrol. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test dengan
menggunanakan software SPSS 17. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil uji
hipotesis dengan menggunakan t-test. Hasil yang pertama dengan nilai sig 0,009< α yaitu
0,025 artinya ditolak maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif
antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil yang kedua dengan nilai sig 0,001< α
yaitu 0,025 artinya ditolak maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penguasaan
konsep antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan maka penulis merekomendasikan (1) Memilih menggunakan metode pembelajaran
yang tepat untuk digunakan pada pembelajaran (2) Guru perlu menggunakan metode
pembelajaran dan cara-cara mengajar yang lebih bervariatif sehingga dapat meningkatkan
kreativitas dan motivasi belajar siswa. (3)Untuk penelitian selanjutnya gunakan materi yang
luas dan lebih banyak.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan
konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.