candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS BUKU: APAKAH KEGIATAN DI BUKU SISWA KELAS IV SD KURIKULUM 2013 TELAH MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK?

Kintan Limiansih

Abstract


Telah dilakukan analisis kegiatan di buku siswa kelas IV SD Kurikulum 2013. Penelitian
ini bertujuan mengetahui kesesuaian kegiatan di buku siswa kelas IV dalam mendukung
pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Analisis pendekatan saintifik dilakukan dengan mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan di
buku siswa dengan indikator mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan (5M) menurut Harlen dan Qualter (2004). Dari hasil analisis, diperoleh
informasi bahwa kegiatan di buku siswa kelas IV SD Kurikulum 2013 belum secara optimal
mendukung pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Kegiatan 5M di buku bersifat
parsial atau terpisah-pisah, artinya satu tahapan tidak berhubungan dengan tahapan lainnya.
Kegiatan mengamati tidak dilanjutkan dengan menanya, kegiatan menanya tidak dilanjutkan
dengan mencoba, dan seterusnya hingga mengomunikasikan. Tahapan pendekatan saintifik di
buku siswa kelas IV khusus bidang IPA didominasi oleh kegiatan mengamati (sebanyak 22
kegiatan). Sedangkan untuk kegiatan menanya dan mencoba tidak ada yang merupakan
lanjutan dari kegiatan mengamati (0 kegiatan). Kegiatan mengasosiasi ada 3 kegiatan dan
mengomunikasikan ada 16 kegiatan. Tidak ada materi di bidang IPA yang dipelajari dengan
tahapan pendekatan saintifik secara utuh (5 tahapan). Maka guru perlu melakukan kegiatan
tambahan agar pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik dapat terlaksana dengan
maksimal. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang maksimal diharapkan
mampu melatih siswa kritis, kreatif, mampu menyelesaikan masalah, berpendapat
berdasarkan fakta sehingga karakter siswa dapat berkembang dengan baik.
Kata kunci: pendekatan saintifik, buku siswa, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.