candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA DI KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Basuki Basuki, Baedhowi M.Si, Bandi M.Si Ak

Sari


 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas implementasi Lesson Study pada mata pelajaran ekonomi di SMA, untuk mengetahui kemandirian siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui  sikap kewirausahaan siswa di SMA pada mata pelajaran ekonomi. Data penelitian yang diambil data primer. Metode penelitian berbentuk deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Ngadirojo dan SMA Negeri 2 Ngadirojo di Kabupaten Pacitan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan melalui pemaparan data, reduksi data, kategorisasi data, penafsiran/pemaknaan, dan penyimpulan hasil analisis. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lesson Study sangat efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa dan aktivitas guru. Lesson Study  efektif untuk menanamkan kemandirian siswa. Lesson Study dapat menumbuhkan sikap kewirausahaan pada siswa.

Kata Kunci: Lesson Study, Kemandirian, Sikap Kewirausahaan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.