candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN PERALATAN TRANSAKSI DI LOKASI PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN 3 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Muhammad faqih Fida Ul Haq - -, Soetarno Joyoatmojo - -, Sri Wahyuni - -

Abstract


Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  Mengoperasikan

Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan pada siswa kelas XI Pemasaran 3 di SMK Negeri 1

Sukoharjo melalui penerapan metode Role Playing.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan  Kelas (PTK). Penelitian  dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis secara kualitatif dan deskripsi komparatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan SiswaKelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti ada peningkatan pada siklus I dan Siklus II. Sebelum diterapkan metode Role Playing nilai rata-rata kelas adalah 70 dengan presentase ketuntasan 36,11%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,75 dengan presentase ketuntasan 77,78% dan pada siklus II nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 87,25 dengan presentase ketuntasan 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo.

 

 

 

The aims of this research is to increase the learning outcomes of transaction operating tools lesson on sale location of XI Marketing-3 Grade SMKN 1 Sukoharjo through the applying of the Role Playing method.

This research was Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in two cycles, wich consist planning, action, observation and reflection. The subjects of this research was XI Marketing-3 Grade of SMKN 1 Sukoharjo which consists 36 students. The source of data was from the students, the teachers, and the documents. Technique of collecting data was observation, test, documentation and interviews. Techniques for the validity of the data using triangulation of data sources. The data analysis used descriptive analysis techniques, qualitative analysis techniques and comparative description.

The results of the research showed that applying the method of Role Playing can increase the learning outcomes of transaction operating tools on sale location of XI Marketing-3 Grade of SMKN 1 Sukoharjo in Academic Year 2015/2016. It was proved there is increasing in cycle I and cycle II. Before applying the method of Role Playing the average score of the classroom was 70 with precentage of success 36.11%. In the cycle I the average score increased to 80.75 with precentage of success 77.78% and in the cycle II the average score of the classroom increased to 87.25 with precentage of success 88.89%. The conclusion of this research was applying the method of Role Playing can increase the student's learning outcomes of transaction operating tools on sale location of XI Marketing-3 Grade SMKN 1 Sukoharjo.


Keywords


Role Playing, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.