candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA.

Veronika Ellyana - -, Mintasih Indriayu - -, Sudarno - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Kristen 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kristen 1 Surakarta tahun Pelajaran 2015/2016 dengan sampel sebanyak 115 responden. Data penelitian ini diperoleh dari jawaban responden yang dijawab melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner (angket). Validitas data diperoleh melalui hasil tryout yang dilakukan kepada 30 responden. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Hasil ini dapat diketahui melalui hasil uji t  diperoleh nilai probabilitas sebesar (0,000). Nilai ini lebih kecil dibandingkan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru dengan variabel motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R Square) diperoleh angka sebesar 0,511 atau 51,1%. Hal ini dapat diartikan bahwa 51,1 % variabel motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru.

 

 

The aim of this research is to find out the influence of the competence of the teacher to the motivation in learning of subject, especially in enterpreneurship subject. The kind of this research is survey. Population of this research are students of SMK Kristen 1 Surakarta in school year of 2015 / 2016. The respondents of this research are 115 as the sample. The data of this research was taken from the questionnaire given to the respondents. The method of data collection is document analysis through questionnaire. Validity of the data was taken from the result of the try out toward the 30 respondents. The technique of data analysis is linear regression. This research can be concluded that there is significant influence of the compentence of the teacher toward motivation of students in studying this subject. The result of this research is known from test T. Score of probability got in the test T is ( 0,000 ). It is smaller than 0,05. Thus, H0 is rejected, while Ha is accepted. The result of the Adjusted R Square is 0,511 (51,1%).  It means that 51,1 % variable of student’s motivation in studying enterpreneurship is influenced by competence of a teacher.


Keywords


Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.