candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS

Mutmainah Isnaini - -, Dewi Kusuma Wardani - -, Leny Noviani - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS yang berjumlah 171 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  secara signifikan antara kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Besarnya pengaruh variabel kompetensi dosen dan fasilitas belajar belajar terhadap kepuasan mahasiswa secara simultan diperoleh dari perhitungan R-square sebesar 70,4%.

 

The objective of research were to find out the effect of lecturers’ competencies and learning facilities on students’ satisfaction of economic education FKIP UNS. The method used quantitative method . The sample were 171 students’ trade system Forces Economic Education FKIP. The data collection techniques used questionnaires. The data were analyzed by using multiple regression analysis. The results showed that there was a significant positive effect of lecturers’ competencies and learning facilities variables on students’ satisfaction of economic education FKIP UNS. The magnitude of the effect of lecturers’ competencies and learning facilities variables toward students’ satisfaction simultaneously obtained from the calculation of the R-square of 70,4%.


Keywords


Kompetensi Dosen, Fasilitas Belajar, Kepuasan Mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.