candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013, MINAT BELAJAR, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Alviyana - -, Baedhowi - -, Kristiani - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XI Pemasaran. (2) Mengetahui minat belajar siswa di kelas XI Pemasaran pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. (3) Mengetahui prestasi belajar siswa di kelas XI Pemasaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perbandingan rata-rata uji t.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XI Pemasaran sudah efektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel; 4,610 > 1,99174. (2) Minat belajar siswa kelas XI Pemasaran pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 kurang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel; 0,306 < 1,99174. (3) Prestasi belajar siswa kelas XI Pemasaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sudah maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel; 7,239 > 1,99174.

 

The objectives of this study were to (1) determine effectiveness of implementing Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject in grade XI Marketing. (2) Determine student’s learning interest in grade XI Marketing on Craft and Entrepreneurship subject in implementing of Kurikulum 2013. (3) Determine student’s learning achievement in grade XI Marketing in implementing of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject. This research is a descriptive study with quantitative approach. Data collection technique used is questionnaire. Analyse technique of data used is compare means technique t test.

Based on the result of the study can be concluded that (1) implementation of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject in grade XI Marketing was effective. This is indicated by the tcount > ttable; 4,610 > 1,99174 (2) Student’s learning interest in grade XI Marketing on Craft and Entrepreneurship less than maximum. This is indicated by the tcount < ttable; 0,306 < 1,99174 (3) Student’s learning achievement in grade XI Marketing in implementing of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject has a maximum. This is indicated by the tcount > ttable; 7,239 > 1,99174.


Keywords


pelaksanaan Kurikulum 2013, minat belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.