candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X – 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

Fani Fatiandini - -, Harini - -, Sri Wahyuni - -

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi   siswa kelas X-4 di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar. Melalui penerapan model pembelajaran  cooperative  tipe  Teams  Games  Tournament  (TGT)  diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMK Negeri Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Siswa   Kelas   X-4   SMK   Negeri   Kebakkramat   Karanganyar   Tahun   Ajaran

2014/2015. Peningkatan terjadi pada siklus I dan Siklus II. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) nilai rata- rata kelas adalah 70,11 dengan presentase ketuntasan 47,22%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,56 dengan presentase ketuntasan 61,11% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,56 dengan presentase ketuntasan 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X-4 SMK Negeri Kebakkramat Karanganyar.


Keywords


Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar Ekonomi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.