PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X – 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar. Melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMK Negeri Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas X-4 SMK Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran
2014/2015. Peningkatan terjadi pada siklus I dan Siklus II. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) nilai rata- rata kelas adalah 70,11 dengan presentase ketuntasan 47,22%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,56 dengan presentase ketuntasan 61,11% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,56 dengan presentase ketuntasan 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X-4 SMK Negeri Kebakkramat Karanganyar.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.