candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMET DIVISON DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Diniyati Marfu'ah, Mintasih Indriayu, Jonet Ariyanto Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih tinggi pada mata pelajaran Ekonomi antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimental semu, dengan sampel sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaaan hasil belajar siswa antara pembelajaran mengunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, dari perolehan nilai rata-rata postes model pembelajaran Mind Mapping sebesar 73,33 sedangkan
model pembelajaran Student Team Achievement Division memiliki nilai rata-rata postes sebesar 79,32. Sedangkan t hitung nilai postes sebesar -5,001 yang nilai tersebut lebih besar dari 1,997. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung -2,607 lebih besar dari t tabel 1,997, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran Student Team Achievement Division, model pembelajaran Mind Mapping

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.