candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN ACADEMIC SELF EFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Ika Nurhayati, Dewi Kusuma Wardani, Salman Alfarisy Totalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan academic self efficacy dan hasil belajar kelas X Pemasaran 3 SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X pemasaran 3 SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan academic self efficacy dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti pada siklus I academic self efficacy peserta didik ditinjau dari indikator – indikator academic self efficacy meningkat 25.85% (presentase prasiklus yaitu 40.62 dan 66.45 pada siklus I). Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 6.5% (nilai rata-rata hasil belajar pra siklus 70.18 dan siklus I 76.68) Pada siklus II academic self efficacy peserta didik terus mengalami peningkatan, terbukti dari indikator – indikator academic self efficacy meningkat 17.42%. Hasil belajar peserta didik pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 8.14% dan presentase ketuntasan meningkat 12.9% (presentase siklus I 80.64 dan siklus II 93.54%). 


Keywords


Discovery Learning, academic self efficacy, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.