candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGANMIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Arum Pramuningtyas, Soetarno Joyoatmojo, Kristiani .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan mind mapping. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan mind mapping. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 6,78 (nilai rata-rata pra siklus 72,45 dan nilai rata-rata siklusI 79,23) dan persentase ketuntasan meningkat 16,31% (persentase pra siklus 50,06% dan siklus I 74,19%). Prestasi belajar siswa pada siklus II juga terus mengalami peningkatan yaitu sebesar 5,36 (nilai ratarata siklusI 79,23 dan nilai rata-rata siklus II 84,59) dan persentase ketuntasan meningkat 19,36% (persentase siklus I 74,19% dan siklus II 93,55%). 

 

 


Keywords


group investigation, mind mapping,prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.