candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM LEARNING) BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Gisnita Siti Barokah - -, Baedhowi - -, Jonet Ariyanto Nugroho - -

Abstract


ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kuantum (Quantum Learning) berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data kualitatif yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh data kuantitafif yaitu dengan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar siswa pada siklus I adalah 53,57%, dan mengalami peningkatan sebesar 25% pada siklus II yaitu menjadi 78,57%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surakarta.

 

Abstract

These purpose of research is improving the learning result of lessen Pengantar Ekonomi dan Bisnis student grade XI in SMK Negeri 1 Surakarta Academic year 2016/2017 through assembling Quantum Learning model based on multimedia. This research is an action research that held for two cycles. Every cycle is part into method of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of research is the student of grade XI Pemasaran 1 in SMK Negeri 1 Surakarta academic year 2016/2017. The data that used in this research is qualitative and quantitative data. The technique of collecting data that used for getting the qualitative data is observation, interview, and the analyzed document. The technique of collecting data that used for getting the quantitative data by the assessment. The result of research shows that the reaching of studying to student in the cycle I is 53,57%, and encountering significant about 25% in cycle II become 78,57%. Based on the research, can be concluded that through assembling Quantum Learning model based on multimedia can improve the result of studying in lesson Pengantar Ekonomi dan Bisnis to student of grade XI in SMK Negeri 1 Surakarta.


Keywords


Quantum Learning model, multimedia, the result of studying.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.