candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN DAN FASILITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

Anastasia Cintia Wulaningsih - -, Sri Wahyuni - -, Salman Alfarisy Totalia - -

Abstract


ABSTRACT

This study aims to examine: (1) the influence of learning motivation, learning environment, and learning facilities toward the students achievement; (2) the influence of learning motivation toward the students achievement; (3) the influence of learning environments toward the students achievement; and (4) the influence of learning facilities toward the students achievement. This research used quantitative research using descriptive method with correlation study. The population is all students of the second-grade students of SMK Kristen 1 Surakarta. The instrument used was a questionnaire. Data analysis used in this research is multiple linear regression analysis with significance level 0,05. The result of research show that: (1) there are positive and significant influence on learning motivation, learning environment, and learning facilities towards the students achievement based on F test result that is 53,099> 2,71;(2) there are positive and significant influence of learning motivation towards the students achievement based on t test that is 4,049> 1,663; (3) there are positive and significant influence of learning environment towards students achievement based on t test that is 2,205> 1.663; and (4) there are positive and significant influence of learning facility towards students achievement based on t test that is 7,897> 1,663.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh motivasi belajar, lingkungan belajar di sekolah dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; (3) pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa; dan (4) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar, lingkungan belajar di sekolah dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan hasil uji F yaitu 53,099 > 2,71 (2) pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan uji t yaitu 4,049 > 1,663; (3) pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan uji t yaitu 2,205 > 1,663; dan (4) pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan uji t yaitu 7,897 > 1,663.


Keywords


Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar di Sekolah, Fasilitas Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.