candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNS

Septian Arino Putro - -, Sunarto - -, Sudarno - -

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran secara simultan terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS (3) Pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional.

Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2013, 2014 dan 2015 sebanyak 184 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Proporsional random sampling berjumlah 127 mahasiswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi akademik mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (45,735 > 3,07) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS; (2) nilai uji t variabel Kecerdasan Emosional adalah thitung > ttabel (5,381 > 1,97) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS; (3) nilai uji t variabel Fasilitas Pembelajaran adalah thitung > ttabel (4,944 > 1,97) dengan nilai p < 0,05 (0,000 <

0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi

UNS; (4) koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,424. Hal tersebut berarti bahwa 42,4% prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran, sedangkan sisanya sebesar 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

 

ABSTRACT

The objective of this research are to investigate: (1) The effect of emotional intelligence and learning facilities together to the academic achievement of the students of Economics Education UNS (2) The effect of emotional intelligence on academic achievement of students of Economics UNS (3) The effect of learning facilities on student academic achievement Economic Education UNS. This research uses quantitative descriptive with correlational method.

The population of this research is a student of Economic Education UNS force 2013, 2014 and 2015 as many as 184 students. The samples of this research determined by proportional random sampling as many as 127 students. The data of this research were collected through the questionnaire and documentation. Questionnaires were used to collect data on emotional intelligence and learning facilities, while documentation was used to collect student academic achievement data. The data analysis was used an multiple regression technique of analysis with significance level 0,05.

The result of this research shows that (1) F test value obtained Fcount > Ftable (45,735 > 3,07) with p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so that Ho rejected and H1 accepted. It means that there is a positive and significant influence between the emotional intelligence and learning facilities together to the academic achievement of the students of Economics Education UNS; (2) t test value of the emotional intelligence variable is tcount > ttable (5,381 > 1,97) with p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so that Ho rejected and H1 accepted. It means that there is a positive and significant influence between the emotional intelligence on academic achievement of students of Economics UNS; (3) t test value of the learning facilities variable is tcount > ttable (4,944 > 1,97) with p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so that Ho rejected and H1 accepted. It means that there is a positive and significant influence between the learning facilities on student academic achievement Economic Education UNS; (4) the coefficient of determination (R Square) is 0,424. It means that 42,4% academic achievement of the student are influenced by the emotional intelligence and learning facilities. Meanwhile the remaining (57,6%) are influenced by other factors outside in this research.


Keywords


Kecerdasan emosional, Fasilitas pembelajaran, Prestasi akademik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.