candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN PERAN GURU PAMONG TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Maulida Fajari Ningsih - -, Sunarto - -, Jonet Ariyanto Nugroho - -

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan 2013 yang telah menyelesaikan PPL tahun 2016 sebanyak 180 mahasiswa yang terdiri dari 3 BKK. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 mahasiswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (18.765 > 3,15) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (2) nilai uji t variabel PPL adalah thitung > ttabel (3,957 > 1,999) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (3) nilai uji t variabel Peran Guru Pamong adalah thitung > ttabel (2,049 > 1,999) dengan nilai p < 0,05 (0,045 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (4) koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,377. Hal tersebut berarti bahwa 37,7% kesiapan menjadi guru pada mahasiswa dipengaruhi oleh PPL dan Peran Guru Pamong, sedangkan sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sumbangan  relatif variabel PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru adalah sebesar 70,47% dan 29,53%.

 

ABSTRACT

The aims of this research are to know the existence of (1) positive and significant influence between the Field Experience Program (FEP) and the role of Mentor Teacher on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013; (2) positive and significant influence of the Field Experience Program (FEP) on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013; (3) positive and significant influence of the role of Mentor Teacher on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013. This research uses quantitative descriptive with correlational method.

The populations of this research are all of Economic Education students in the year of 2013 which have finished the Field Experience Program 2016 as many as 180 students consisting of 3 BKK. The sample in this research amounted to 65 students are taken by using proportional random sampling technique. The method used to collect the data is questionnaire and documentation. Those data are analyzed with multiple linear regression analysis.

The result of this research shows that (1) F test value obtained Fcount > Ftable (18.765 > 3,15) with p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so that Ho rejected and Ha accepted. It means that there is a positive and significant influence between the Field Experience Program (FEP) and the role of Mentor Teacher on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013; (2) t test value of the Field Experience Program variable is tcount > ttable (3,957 > 1,999) with p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so that Ho rejected and Ha accepted. It means that there is a positive and significant influence between the Field Experience Program on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013; (3) t test value of the role of Mentor Teacher variable is tcount > ttable (2,049 > 1,999) with p value < 0,05 (0,045 < 0,05), so that Ho rejected and Ha accepted. It means that there is a positive and significant influence between the role of Mentor Teacher on the readiness in becoming a teacher of the Economic Education students in the year of 2013; (4) the coefficient of determination (R Square) is 0,377. It means that 37,7% readiness in becoming a teacher of the student are influenced by the Field Experience Program  and the Mentor Teacher’s role. Meanwhile the remaining (62,3%) are influenced by other factors outside in this research. The relative contribution of the Field Experience Program and the role of Mentor Teacher on the readiness in becoming a teacher is 70,47% and 29,53%.


Keywords


Program Pengalaman Lapangan (PPL), Peran Guru Pamong, Kesiapan Menjadi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.