candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS SISTEM PARKIR DI BADAN JALAN (ON STREET PARKING) TERHADAP KELANCARAN BERLALU LINTAS DI JALAN GONILAN-PABELAN (IMPLEMENTASI DARI MATA KULIAH DASAR-DASAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN)

Yusuf Khasani, Eko Supri Murtiono, Sukatiman Sukatiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh parkir di jalan (on street parking) terhadap kelancaran berlalu lintas di Jalan Gonilan-Pabelan, (2) Untuk mengetahui besarnya penurunan tingkat kinerja jalan akibat kegiatan on street parking di Jalan Gonilan-Pabelan, (3) Untuk mengetahui strategi alternatif yang tepat untuk sistem parkir di Jalan Gonilan-Pabelan agar tercapai suatu kelancaran berlalu lintas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Penelitian ini menekankan pada masalah kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalan Gonilan-Pabelan yang berhubungan dengan parkir di badan jalan (on street parking). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) dengan variabel penelitiannya yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus bebas kendaraan, kapasitas jalan, dan derajat kejenuhan (v/c ratio). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) Parkir di badan jalan (on street parking) di segmen jalan Gonilan-Pabelan mempengaruhi derajat kejenuhan atau v/c ratio pada jalan tersebut, dari angka 0,5 tanpa on street parking menjadi 0,89 dengan on street par king, (2) Akibat on street par king di Jalan Gonilan- Pabelan terjadi penurunan kinerja jalan yang berupa penurunan kapasitas jalan dari 2671,48 smp/jam tanpa on street parking menjadi 1496,03 smp/jam saat terjadi on street parking, (3) Strategi alternatif yang tepat yaitu menghilangkan/meniadakan on street parking di jalan Gonilan-Pabelan sehingga volume lalu lintas yang terjadi dapat ditampung oleh kapasitas jalan yang telah direncanakan dan kelancaran berlalu lintaspun dapat tercapai. Kata Kunci: on-Street parking, analisis data, strategi alternatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.