candi borobudur kerajaan di indonesia

FACEBOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Soepri Tjahjono Moedji Widodo

Sari


Proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal apabila terjadi proses interaksi antara peserta didik, pendidik dan sumber belajar. Sumber belajar berperan untuk menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam pengembangan kompetensi yang ingin dicapai. Perkembangan teknologi informasi berjalan sangat pesat sekarang ini. Salah satu bentuk teknologi yang berkembang pesat beberapa dekade terakhir ini adalah internet. Teknologi internet hadir sebagai media multifungsi yang telah masuk dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Facebook sebagai jejaring media yang popular di kalangan mahasiswa menjadi bahan pertimbangan untuk memanfaatkannya sebagai media sumber belajar. Facebook telah banyak banyak digunakan dalam dunia pendidikan dan telah menjadi bagian dari proses pembelajaran. Facebook dapat menjadi sebagai sumber belajar yang mempunyai kontribusi dalam pencapaian prestasi belajar peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan facebook sebagai sumber belajar dengan prestasi mahasiswa. Responden penelitian adalah mahasiswa semester IV Diploma IV Program Studi Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Didapat hasil penelitian Terdapat hubungan antara pemanfaatan facebook sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar (p value=0,000), dengan keeratan tinggi (koefisien korelasi=0,806)

 

 

Kata Kunci: Facebook, Sumber Belajar


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adam Muhamad, dkk. 2012. Model Of Perceived Influence Of Academic Performance Using Social Networking. Journal: International Journal of Computers & Technology Volume 2 No.2 April 2012, ISSN: 2277–3061.

Akhmad. 2011. Hubungan Tingkat Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa SMA Negeri di Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Penelitian Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: UNY.

Asemah, E.S and Edegoh, L.O.N. 2013. Influence of Social Media on the Academic Performance of the Undergraduate Students of Kogi State University, Anyigba, Nigeria. Journal of Research and Contemporary Issues. Vol. 7.

Djamarah, S., B, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkulo, H., A. 2010. Facebook for Sekolahan: cara berfacebook yang pasti direstui oleh orang tua dan guru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pratikta, A., C. 2013. Efektivitas Problem Solving Training Untuk Mereduksi Kecenderungan Adiksi Situs Jejaring Sosial pada Peserta Didik, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

UU SISDIKNAS. (2013). Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional RI.

Young, A., L. 2007. Information Relation an Internet Privacy Concern on Social Network Sites: A Case Study of Facebook. USA: University of Pennsylvenia.

Yulianto, K. 2010. Pemanfaatan E-Procurement untuk Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Kegiatan Pengadaan di Lembaga Pemerintahan. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.