candi borobudur kerajaan di indonesia

Implementasi Strategi Blended Learning Enriched Virtual Model Pada Mata Kuliah Komputer dan Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Malang

Siyamta Siyamta

Sari


Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan Tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka di Indonesia adalah minimnya waktu tutorial tatap muka (TTM) antara Mahasiswa dengan Tutor di kelas. Dalam satu semester, kegiatan Tutorial yang dilakukan sebanyak 8 kali, masing-masing selama 2 Jam. Dengan beban materi yang cukup banyak, serta waktu yang terbatas, maka perlu dilakukan inovasi dengan mengembangkan digital content sebagai pelengkap modul yang sudah diterimanya pada awal semester, serta menggunakan strategi blended learning untuk memantau pengumpulan tugas dan kegiatan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan strategi blended learning enriched virtual model (2) mengembangkan content digital pada mata Kuliah Komputer dan Media Pembelajaran Semester IX, (3) mengetahu efektifitas dan kemudahan penggunaan content digital, (4) mengetahui kemudahan feature Social Learning Network (SLN) Edmodo sebagai pelengkap kegiatan Tutorial yang dilaksanakan secara Online, melalui alamat http://www.edmodo.com.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang akan mendeskripsikan keadaan selama kegiatan tutorial berlangsung serta dilakukan pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan kepada mahasiswa. Populasi dan sekaligus sebagai sampelnya adalah seluruh mahasiswa PGSD semester IX Pokjar Gondang Wetan dan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan content digital dengan format EPUB, FlipBook dan Video Pembelajaran yang digunakan sebagai suplemen materi pembelajaran. Berdasarkan angket dari responden, maka sebesar 54 % menyatakan sangat setuju dan 46 % setuju terkait dengan  efektifitas pembelajaran. Sebanyak 58% responden menyatakan sangat setuju dan 42 % menyatakan setuju terkait dengan feature Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN) dapat digunakan secara  mudah untuk mendukung kegiatan pembelajaran dengan strategi blended learning enriched virtual model.

 

Kata Kunci :  digital content, enriched virtual model, blended learning, EPUB, FlipBook. 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aspden, Liz; Helm Paul. 2004. Making The Connection in Blended Learning Environment, Educational Media International, Vol 42, Page 245-252.

Beam.P. 1997. Breaking The Sprinter’s Wrist : Achieving Cost-Effectiveness Online Learning. The International Symposium on Distance Education and Open Learning. Bali. Indonesia : MONE Indonesia, IDLN.SEAMOLEC.ICDE. UNDP dan UNESCO.

Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book: Best Practice, Proven Methodologies and Lessons Learned. New York: John Wiley & Sons Inc.

Boyle, Tom, 2005. A Dynamic Systematic Method for Developing Blended Learning, Education, Communication and Information Journal, Vol 5, Page 221 – 232.

Bullen, M. 2001. E-learning and the Internationalizat Education. Malaysian Journal of Education Technologi. Vol 1. No.1 P.37-46.

Cara Belajar Mahasiswa di Universitas Terbuka (UT), akses online 23 November 2015, URL http://www.ut.ac.id/tentang-ut

Cruz M.B. and Cruz S.B. 2013, The Use od Internet-Based Social Media as a Tool in Enhancing Student’s Learning Experiences in Biological Sciences, Higher Learning Research Communications, Volume 3, Number 4.

Degeng Nyoman S (2013), Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian, Bandung : Kalam Hidup.

Dziuban CD et. Al. 2004. Research Bulletin Blendel Learning, Volume 7, 30 March 2004, Uducase.

Graham CR. 2006. Intoductions to Blended Learning, akses online tanggal 20 November 2015, jam 15:50 WIB. http://media.wiley.com/ product data/excerpt/86/07879775/0 787977586.pdf.

Graham CR. 2006. Blended Learning Systems : Definition, Current Trends and Future Directions, dalam C. Bonk and C. Graham (Eds), The Hand Book of Blended Learning, Global Perspectives Local Design. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc., Halaman 3 -19.

Owston, R & York, D. 2012. Evaluation of blended learning course in the faculty of Liberal Arts and Professional Studies and the Faculty of Health-Winter Session 2012 (Technical Report No 2012-3). Toronto : Institut for Research on Learning Technologies.

Ramakrisnan P et.al. 2011. Blended Learning: A Suitable Framework For E-Learning In Higher Education, The 3rd International Conference On e-Learning, Procedia Computer Science 67 (2012) page 513-526.

Staker H and Horn Michael B. 2012. Cassifying K-12 Blended Learning, akses online 23 November 2015, URL http://www. innosightinstitute.org.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.