candi borobudur kerajaan di indonesia

MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Rukimin Rukimin

Sari


            Perkembangan teknologi informasi dan komputer telah memberikan perngaruh yang sangat signifikan dalam perkembangan learning media. Penggunaan teknologi multimedia sebagai media pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu alternatif untuk membantu mengatasi masalah belajar peserta didik, karena dengan menggunakan teknologi multimedia (seperti CD interaktif), peserta didik mampu belajar bahasa Arab secara mandiri, lebih mudah, nyaman, dan belajar sesuai dengan kemampuannya. Metode penelitian ini adalah library research karena sumber datanya berasal dari buku-buku dan dokumen-dokumen tertulis. analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Taksonomi multimedia terdapat dalam 4 level yakni (1) interaksi paling sedikit; (2) interaksi berada dalama level menengah; (3) sistem yang mengkombinasikan komputer dan video disc; (4) penggunaan berbagai sumber visual, audio dan lain; Terdapat 3 lingkungan pembelajaran multimedia yakni (1) lingkungan preskriptif; (2) lingkungan demokratik; (3) lingkungan cybernetic;  Komponen multimedia interaktif di antaranya, teks, grafik, audio, video, image, animasi, interaktivitas, CD, CD ROMs, Perangkat perangkat, serta program authoring; Program authoring adalah setiap program komputer yang dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran. Untuk pengembangan program pembelajaran multimedia interaktif, program authoring sering dihubungkan dengan berbagai komponen media. Terdapat 2 kategori dalam program authoring yakni programming language, dan authoring tools, (hypertext authoing tools dan authoring system).

Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa, Arab, Multimedia, Internatif


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Binanto, Iwan, Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2010.

Hasrul, “Langkah-langkah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif,”Jurnal MEDTEK, Volume 2, Nomor 1, April 2010.

Hasan Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), Cet. III, h.17

Jarot S, Darma dan Ananda, Shenia, Buku Pintar Menguasai Multimedia, Jakarta : Mediakita, 2009.

Junaidi, Modul Pengembangan ICT (Information Communication Technology, (Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta, 2011), hlm. 9-10

Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. A., Media Pembelajaran, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 3-4

Schwier, Richard A. and Misanchuk, Earl R, Interactive Multimedia Instruction, USA: Educational Technology Publications, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey 07632, 1993.

Soekartono online,“Perkembangan Teknologi KomunikasiKey ConceptsHypertext”, http://tonz94.wordpress.com/2008/12/27/hypertext/.

Sutopo, Hadi, “Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan”, Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia SMAK Penabur, Gading Serpong Tengerang, 4-5 Januari 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.