candi borobudur kerajaan di indonesia

Pembuatan Alat Peraga Secara Sederhana dan Pengeditan Film sebagai Media untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika SMP di Kabupaten Kepahiang

Muzanip Alperi, Dewi Handayani

Sari


Permasalahan pembelajaran matematika di Kabupaten Kepahiang adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika hal ini berakibat rendahnya hasil belajar Matematika siswa SMP di Kabupaten Kepahiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan alat peraga dan film pembelajaran Matematika dan proses pembelajarannya. Penelitian ini diawali dengan pelatihan dan workshop yang dibagi menjadi 2 tahap. Pada tahap 1 peserta (guru matematika) diberikan materi tentang pembuatan alat peraga matematika dan langsung praktek pembuatannya. Alat peraga matematika yang dibuat adalah menara hanoi, loncat katak, segitiga ajaib, permainan kartu fungsi dan permainan sepak bola. Pada tahap 2 peserta (guru matematika) diberikan materi tentang pembuatan video pembelajaran. Setelah melakukan pelatihan dan workshop, peserta diberikan waktu selama 2 bulan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media (alat peraga dan film) di sekolah masing-masing. Peserta kegiatan adalah guru matematika se kabupaten Kepahiang yang berjumlah 40 orang. Selanjutnya dilakukan observasi proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan lembar evaluasi dan lembar angket. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, guru dapat membuat alat peraga dan film pembelajaran yang menarik dan sederhana. Dengan penerapan media pembelajaran Matematika, guru dapat menjelaskan pelajaran matematika di sekolah menjadi lebih sistematis, menarik, mudah dipahami dan waktu menjadi lebih efisien. Akibatnya pembelajaran menjadi lebih menarik dan keaktifan siswa meningkat.

Kata Kunci : Alat peraga, film, pembelajaran Matematika.

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Pujiati, 2006, Pembuatan Alat Peraga Matematika Sederhana. Depdiknas Dirjend PMPTK P4TK Matematika. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, 1992, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Tim Seksi PMS. 2007. Panduan Pelatihan Pembuatan Film. LPMP Bengkulu. Bengkulu.

Widyantini Theresia. 2006. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP.Depdiknas DIrjend PMPTK P4TK Matematika. Yogyakarta.

Wikipedia, 2009. Profil Kabupaten Kepahiang, akses online 30 Juli 2010. http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=1707/Kabupaten. Kepahiang.

Willey, 2005. Introduction To Windows Movie Maker. Information Technology Lab, University of Texas, Texas.

_______________2009. Video Editing dengan Windows Movie Maker. Yayasan Bunda


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.