candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan Multimedia Berbasis Game Based Learning pada Pokok Bahasan Materi Grammar Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 Kelas X SMA Negeri 3 Sragen

Budi Setiawan, Nunuk Suryani, Suharno Suharno

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa tentang multimedia pembelajaran pokok bahasan materi grammar bahasa inggris. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Sragen dengan subyek siswa kelas X jurusan IPS sejumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Research and Development yang terdiri dari 10 tahap yang telah dimodifikasi dengan menggunakan ADDIE sebagai model pembelajarannya untuk mengukur kemampuan siswa terhadap penguasaan materi grammar. Terdapat 4 kelas berbeda yang dipakai dalam penelitian yang diantaranya; kelas X IPS 1 sebagai kelas control, kelas X IPS 2 sebagai kelas ekperimen, kelas X IPS 3 sebagai kelas uji validitas soal dan kelas X IPS 4 sebagai kelas uji coba produk. Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi K-13 memberikan dampak yang tidak sedikit baik dari segi materi ajar, pendekatan pembelajaran maupun system evaluasinya.Kebanyakan dari peserta didik tidak terbiasa dan memiliki kemampuan untuk belajar mandiri sesuai yang diamanatkan dalam kurikulum baru tersebut. Kegiatan belajar mengajar yang ditampilkan oleh guru masih cenderung bersifat ceramah dan tekstual yang tak jarang pula membebaskan siswa untuk menggali informasi dari dunia maya dengan peran serta guru sebagai fasilitator dan filter informasi yang masih minim didalamnya.  Berdasarkan hasil tersebut, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan multimedia sebagai media yang mampu mengomptimalkan keterampilan penguasaan grammar bahasa inggris oleh siswa secara mandiri.

 

Kata kunci: multimedia pembelajaran; model pembelajaran; grammar; research and development


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.