candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBERDAYAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INSTAD PADA KEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA

Kistantia Elok Mumpuni, Baskoro Adi Prayitno, Puguh Karyanto, Bowo Sugiharto

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi strategi pembelajaran INSTAD dalam memberdayakan hasil belajar kognitif biologi. Rancangan penelitian quasi exsperiment dengan desain faktorial 2x2 dan prosedur penelitian pretest-postest non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. Sampel penelitian dipilih melalui cluster random sampling. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran INSTAD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi baik pada kemampuan akademik atas maupun bawah. Peningkatan siswa akademik atas dengan penerapan INSTAD sebesar 95,30% dan siswa akademik bawah sebesar 115,34%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, INSTAD, Kemampuan Akademik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret