candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI HUBUNGAN INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Purwanto Hadi

Sari


ABSTRAK

Berdasarkan observasi awal terhadap pembelajaran yang diterapkan oleh guru PKN Kelas XII SMK Muhamadiyah I Surakarta menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa cenderung pasif, kurangnya variasi dalam pembelajaran di kelas hanya menyebabkan siswa tertentu saja   dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hasil belajar yang ingin  dicapai kurang optimal. Salah satu upaya pencapaian kompetensi pembelajaran adalah dengan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi keaktifansiswa, hasil belajar siswa yang diambil dari soal tes yang dikerjakan siswa pada akhir siklus.

Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila sekurang- kurangnya 85% dari jumlah siswa yang ada di kelas tuntas belajar yaitu m emperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 40% dalam kriteria keaktifan cukup  aktif kemudian rata-rata hasil belajar sebesar 70 dengan persentase ketuntasan klasikal 60 %. Untuk hasil penelitian pada siklus II menunjukkanadanya peningkatan baik dalam keaktifan siswa ataupun hasil belajar siswa.Keaktifan siswa menjadi 88% dalam kategori baik atau aktif dan untuk hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 88%. Sehingga pada pelaksanaan siklus II indikator keberhasilan sudah tercapai. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan internasional kelas XII SMK  Muhamadiyah I Surakarta.

                               

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group                                    Investigation (GI).


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.