candi borobudur kerajaan di indonesia

Startegi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD X Di Salatiga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan

Chriscahyani Pramani Siwi, Luis Soares

Abstract


Pendidikan formal dimulai dari tahap sekolah dasar dimana seorang anak mendapatkan semua informasi yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Luas wilayah Indonesia yang sangat luas menjadi salah satu faktor kurangnya kemerataan kualitas, mutu dan sumberdaya yang ada. Kualitas pendiidkan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar dan kedisiplinan. Kedua hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain terhasap hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan sebuah penelitian tentang apa strategi  yang dilakukan untuk meningkatkan  prestasi belajar siswa SD X di Salatiga ditinjau dari motivasi belajar dan kedisiplinan. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas maka dilakukan sebuah penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan pengambilan nilai sebagai hasil belajar siswa. Setelah data dianalisis dapat diketahui bahwa data tersebut normal sehingga dilakukan tindak lanjut dengan medan ggunakan uji normalitas data menggunakan metode stepwise. Uji tersebut menghasilkan faktor yang paling mempengaruhi hasil belajar siswa adalah disiplin. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka perlu dilakukan treatment khusus pada disiplin siswa sehingga dapat berpengaruh juga pada hasil belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.