candi borobudur kerajaan di indonesia

Penggunaan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SLB D1 YPAC Surakarta Tahun 2011-2012

Tri Mulyani

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah penggunaan alat peraga tiruan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPA pada siswa kelas III semester gasal SDLB-D1 YPAC Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan subjek pelaku tindakan seorang guru kelas III-D1 dan subjek penerima tindakan adalah 6 orangsiswa. Penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data hasil belajar IPA melalui observasi langsung dan tes. Untuk analisis data yang digunakan yaitu analisis data perbandingan berdasar pencapaian skor hasil belajarnya, dengan indikator ketuntasan 6,0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar IPA dari siklus 1 sebesar 16% dan dari siklus II 84%. Dengan demikian, penggunaaan alat peraga tiruan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajat IPA pada siswa kelas III semester gasal SDLB-D1 YPAC Surakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.