candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN ASESMEN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS

Siti Istiyati A.Dakir

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1).Untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam menguasai kompetensi dasar dalam mata kuliah pendidikan IPS SD I, (2).Untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran IPS, (3).Untuk meningkatkan prestasi atau hasil belajar mahasiswa Model penelitian yang digunakan adalah model spiral refleksi diri yang terdiri dari empat fase / tahap yaitu, rencana-tindakan-observasi-refleksi, dengan siklus berdaur ulang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa SI PGSD semester V dengan obyek penelitian adalah pembelajaran pendidikan IPS. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, pedoman observasi. Teknik analisa data digunakan anlisis kuantitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas setelah melalui tiga siklus adalah sebagai berikut : (1) Rata-rata skor motivasi belajar mahasiswa adalah 75,12 (2) Rata-rata tugas mahasiswa adalah 8,0, (3) Kenaikan rata-rata perolehan hasil belajar Pendidikan IPS SD I dari siklus I ke siklus II adalah 4,02 kenaikan dari siklus kedua ke siklus ketiga adalah 13%. Kata Kunci : Asesmen Alternatif, perolehan hasil belajar pendidikan IPS SD I

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786