candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SUMBER DAYA ALAM

astri wulandari, Siti Istiyati, Hartono

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of the concept of natural resources by applying the scientific approach with a model of the Contextual Teaching and Learning (CTL) on a 4th grade students of Girimarto Elementary School One, Wonogiri, 2013/2014 academic year. The type of this research is classroom action research (CAR), it consists of three cycles and each cycle consists of two-times learning. Each cycles was consist of four phases, there are phases of planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used in this research are the interview, observation, document studies, and test. Data analysis techniques was interactive analysis in the analysis of interactive, consists of four elements, there are data collection, data reduction, data display, and withdrawal of the conclusion. The results of the research is the application of scientific approach with a model of the Contextual Teaching and Learning (CTL) can improve the understanding of the concept of natural resources on a 4th grade students of Girimarto Elementary School One, Wonogiri, 2013/2014 academic year.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep materi sumber daya alam dengan menerapkan pendekatan scientific dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Negeri I Girimarto Wonogiri tahun ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan scientific dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri I Girimarto Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: pendekatan scientific, Contextual Teaching and Learning, pemahaman konsep materi sumber daya alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786