candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN BIOGRAFI TOKOH PADA MASA HINDU BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Iftitakhul Hidayah, Hadi Mulyono, Sadiman

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of the biography of the figure during the Hindu Buddhism and Islam period in Indonesia through Cooperative Type Two Stay Two Stray (TSTS) cooperative learning model. This form of research is a classroom action research conducted two cycles. Each cycle consists of four stages of planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques are using tests, observations, interviews and documentation. Data validity tests are using content validity and triangulation. Data analysis technique used is the interactive model. The results showed the average value of pre-action class score of 52.07 with 10% classical completeness increased to 75.25 with 75% classical completeness in cycle I and increased again to 85.2 with 87.5% classical completeness in cycle II. Based on the result of the research, it can be concluded that through the application of cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) can improve the understanding of figures biography during the Hindu Buddhism and Islam period in Indonesia for V grade students of SD N Surakarta in the academic year 2017/2018.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman biografi tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 52,07 dengan ketuntasan klasikal 10% meningkat menjadi 75,25 dengan ketuntasan klasikal 75% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,2 dengan ketuntasan klasikal 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperaif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) meningkatkan pemahaman biografi tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam di Indonesia siswa kelas V SD N Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), pemahaman biografi tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam di Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786