candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD

Desi Ariani, Mawardi, Suhandi Astuti

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model problem based learning berbantu kartu domino pada siswa kelas 4 SDN 05 Putatsari  Kabupaten Grobogan semester II tahun ajaran 2017/2018. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam  penelitian ini dengan tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes berbentuk pilihan ganda, dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN 05 Putatsari  Kabupaten Grobogan. Hal ini terbukti berdasarkan data hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa  siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 14 siswa (32%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah ketuntasan siswa menjadi 29 siswa (66%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 36 siswa (82%). Siswa yang belum tuntas sebelum diberikan tindakan adalah 30 siswa (68%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, berkurang menjadi 15 siswa (34%). Setelah diberikan lagi tindakan pada siklus II, menjadi 8 siswa (18%) yang belum tuntas.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, PBL,Kartu Domino


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786