candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD

Serly Medianita Manobe, Krisma Widi Wardani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa kelas 3 SDN Bugel 01 khususnya dalam Pembelajaran IPA.Tujuan dari penelitian adalah untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas 3 SDN Bugel 01 pada Pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Sedangkan analisis data non tes dengan menganalisis kreativitas dari observasi penerapan pembelajaran  Problem Based Learning, observasi respon siswa, dan observasi kreativitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I untuk persentase kreativitas siswa mencapai 70,37% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus II persentase kreativitas ketuntasan siswa mencapai 88,89% dari jumlah keseluruhan siswa, dapat diketahui bahwa kreativitas siswa dalam mengikuti Pembelajaran IPA semakin meningkat. Pada siklus I skor 70,07, siklus II nilai skor 81,93, Terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,86%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan tema lingkungan melalui model Pembelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, karena dalam proses pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif.

 

Kata Kunci : Kreativitas Belajar,  Problem Based Learning


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786