candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Cindy Arinda Putri, Yulianti, Sadiman

Abstract


Abstract: The purpose of this classroom action research is to improve the understanding of the concept of proclamation of Indonesian independence by using cooperative learning model “make a match”, especially on grade V students of SD Negeri 1 Kembang, academic year of 2016/2017. This type of research is a classroom action research. This research was conducted in two cycles through planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the students of grade V of SD Negeri 1 Kembang Boyolali consisting of 22 students. Data collection techniques used were interviews, observation, tests, and documentation. The technique used to check the validity of data is triangulation. Triangulation used to test the validity of data in this study is triangulation of sources and triangulation techniques. The results can be concluded that cooperative learning model “make a match” can improve the understanding of the concept of proclamation of Indonesian independence on grade V students of SD Negeri 1 Kembang, academic year of 2016/2017.

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan pemahaman konsep proklamasi kemerdekaa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kembang tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kembang Boyolali yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan untuk uji validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 kembang Boyolali tahun ajar 2016/2017.

Kata Kunci : pemahaman konsep, proklamasi kemerdekaan Indonhesia, model make a match


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786