candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL ASSURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA PESERTA DIDIK KELAS 5 SD

Christian Daud Dwi Taruna, Gamaliel Septian Airlanda

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to improve the science process skill through learning model ASSURE. This research was conducted in class V students in SD Negeri Asinan 01 using classroom action research method (PTK). PTK activities are conducted in four stages, namely planning, action implementation, observation / observation, and reflection. The results show that ASSURE learning model improves the Sains Process Skill. The increase can be seen through the observation of Sains Process Skill in the pre cycle stage only reaches the average percentage of 49%. First cycle, the average percentage of Sains Process Skill increased to 72%. Second cycle, increased to 81% after implementation.

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran ASSURE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri Asinan 01 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan PTK dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi / observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran ASSURE meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Kenaikan yang bisa dilihat melalui pengamatan Sains Process Skill pada tahap pra siklus hanya mencapai persentase rata-rata 49%. Siklus pertama, persentase rata-rata Keterampilan Proses Sains meningkat menjadi 72%. Siklus kedua, meningkat menjadi 81% setelah implementasi.

Kata Kunci: Sains Process Skill, ASSURE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786