PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPA, siswa kelas V SD Negeri 3 Kedungwinangun, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Tahun Ajaran 2016/2017, melalui penerapan Cooperative Learning Team Quiz. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas V SD N 3 Kedungwinangun, 1 guru kelas dan peneliti sebagai pelaksana tindakan. Sumber data meliputi guru, siswa dan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan proses analisis data interaktif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning Team Quiz dapat meningkatkan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPA, siswa kelas V SD Negeri 3 Kedungwinangun, dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPA. Pada prasiklus, ketuntasan klasikal 26,3%, pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 60%, pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 100%.
Kata kunci:Cooperative Learning, Team Quiz, Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786