candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN STRATEGI GUIDED WRITING PROCEDURE (GWP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Aulia Fitri Istiana, Suharno, Muhammad Ismail Sriyanto

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to improve expository narrative writing skill by using Guided Writing Procedure strategy on the third grade students at Sumber 3 Elementary School in the academic year of 2016/2017. The type of this research was a Classroom Action Research (CAR) which conducted in two cycles. Each cycle consisted of four stages that were planning, action, observation, and reflection. The research subject were the teacher and 27 students of third grade at Sumber 3 Elementary School. The data collecting technique were interview, observation, test, and documentation. The validity that used are content validity, triangulation of source and triangulation of technique. The result of this research shows an increasing value of expository narrative writing skill from pre-action, cycle 1, and cycle 2. The classical completeness level on pre-action was 14,8% or 4 of 27 students were passed. On cycle 1, the classical completeness increased into 40,7% or 11 students were passed, while on the cycle II increased into 85,2% or 23 students were passed. Based on the result that has been implemented, it can be concluded that the implementation of Guided Writing Procedure strategy can improve the expository narrative writing skill of the third students at Sumber 3 Elementary School in the academic year of 2016/2017.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui penerapan strategi GWP (Guided Writing Procedure) pada siswa kelas III SDN Sumber 3 tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Sumber 3 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi serta triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai keterampilan menulis narasi ekspositoris dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 14,8% atau sebanyak 4 siswa dari 27 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 40,7% atau 11 siswa tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,2% atau 23 siswa tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan srategi GWP (Guided Writing Procedure) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas III SDN Sumber 3 tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis narasi ekspositoris, strategi Guided Writing Procedure


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786