candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL INTERNAL

Cos Ma'arif Hidayatul Laeli, Sukarno, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui: 1) perbedaan keterampilan bereksperimen pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle7E dan model pembelajaran Explicit Instructio2) perbedaan keterampilan bereksperimen pada siswa dengan locus of control internal rendah dan siswa dengan locus of control internal tinggi; 3) interaksi antara model pembelajaran dan locus of control terhadap keterampilan bereksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi berasal dari siswa kelas V se-Kecamatan Laweyan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel sebanyak 161 siswa diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian keterampilan bereksperimen dan angket locus of control internal. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (anava) dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan keterampilan bereksperimen pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (7E) dan model pembelajaran Explicit Instruction. Model pembelajaran Learning Cycle  (7E) menjadikan keterampilan bereksperimen siswa yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction; 2) terdapat perbedaan keterampilan bereksperimen pada siswa dengan Locus of control internal rendah dan siswa dengan Locus of control internal tinggi. Siswa dengan Locus of control internal tinggi memiliki keterampilan bereksperimen yang lebih baik bila dibandingkan dengan siswa dengan Locus of control internal rendah; 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan locus of control terhadap keterampilan bereksperimen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786