candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Intan Setya Ratna, Suharno, Rukayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada siswa kelas V SDN Gumpang 3 Sukoharjo tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Gumpang 3 Sukoharjo tahun 2017 yang berjumlah 25 siswa. Sumber datanya terdiri atas sumber data primer yaitu siswa dan guru kelas V SDN Gumpang 3 Sukoharjo dan sumber data sekunder berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta dokumentasi (foto dan video pembelajaran menulis puisi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Teknik validitas data yang digunakan yaitu dengan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi. Pada prasiklus ketuntasan klasikal siswa sebesar 25%. Setelah penerapan model pembelajaran CORE pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran serta membuat lebih kreatif dalam berpikir dan menulis pada siswa kelas V SDN Gumpang 3 Sukoharjo tahun 2017.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786