candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS KONSEP ENERGI PANAS DAN BUNYI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Wahyu Eko Saputro, Siti Istiyati, Peduk Rintayati

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to improve the analyze ability of warm and sound energy concepts at the fourth grade student of elementary school. The form of this research was Classroom Action Research (CAR) that consist of two cycles. Each cycle there were two meeting that consist of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of elementary school totaling 28 students. Data collection technique used testing, observation and interviews. The validity of data used contents validity. Data analysis technique applied the analysis of quantitave data. The results the use of learning model Group Investigation (GI) experimental based can improve analyze ability of warm and sound energy concepts for fourth grade student of elementary school.

 

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan analisis konsep energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan penggunaan model pembelajaran Group Investigation berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan analisis konsep energi panas dan bunyi siswa kelas IV SD.

Kata kunci : Model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis eksperimen, Kemampuan analisis konsep energi panas dan bunyi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786