candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA CETAK DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN KARANGPUCUNG 05 TAHUN AJARAN 2014/2015

Niken Tri Utami

Abstract


 

Abstract: The Use of Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Cooperative Learning Model Using Print Media in Improving Reading Comprehension Skills for the Fifth Grade Students of SD Negeri 5 Karangpucung in the Academic Year of 2014/2015. The objectives of this research to improve reading comprehension skills. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were fifth grade students of SD Negeri Karangpucung totalling 20 students. The improvement of reading comprehension skills known based passing of evaluation at first cycle 62,5%, then at second cycle improve to 72,5%, at third cycle improve to 91,5%. The conclusion of this research is the use of Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) using print media can improve reading comprehension skills for the fifth grade students of SD Negeri Karangpucung 5.

 

Keywords: CIRC, print media, skills, reading comprehension

 

Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Media Cetak dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa kelas V SD Negeri Karangpucung 05 Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC dengan media cetak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Karangpucung 05 yang berjumlah 20 siswa. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman diketahui berdasarkan ketuntasan hasil evaluasi pada siklus I sebesar 62,5% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 72,55 hingga pada siklus III meningkat menjadi 91,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model (CIRC) dengan media cetak dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Karangpucung 05.

 

Kata Kunci: CIRC, media cetak, keterampilan, membaca pemahaman

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.