candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Dengan Media Konkret dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Tunjungseto Tahun Ajaran 2015/2016

Bagus Sutrisno

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Dengan Media  Konkret dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dan meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dan tiap pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tunjungseto dengan jumlah 21 siswa. Simpulan penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret, yaitu (a) guru memberikan permasalahan dengan menggunakan media konkret, (b) membagi kelompok untuk diskusi dan mengamati media konkret, (c) belajar mandiri, (d) presentasi, (e) refleksi, (f) menilai hasil belajar siswa, serta dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥70 pada siklus I sebanyak 73,81%, siklus II sebanyak 92,85%, dan siklus III sebanyak 100%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.