candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL ARIAS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GRUJUGAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Linta Hidayatulloh Al Fadlun

Abstract


Abstract: The Application of ARIAS Model Using Audio Visual Media in Improving Social Science Learning about for the Fourth Grade Students of Elemntary School. The objectives of this research to improve social science learning for the fourth grade of SD Negeri Grujugan through the application of ARIAS model using audio visual media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles through stages: planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were fourth grade students of SD Negeri Grujugan totaling 26 students. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, and interview. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. The result of this research showed that the application of ARIAS model using audio visual media can improve social science learning about the development of information technology. It was proven by the increase of students’ learning mastery in the first cycle 78.00%, in the second cycle 80.00%, and in the third cycle 91.84%.

 

Keywords: ARIAS, audio visual media, social science learning

 

Abstrak: Penerapan Model ARIAS dengan media Audio Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Perkembangan Teknologi pada Kelas IV SD Negeri Grujugan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD melalui penerapan model ARIAS dengan media audio visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SDN Grujugan dengan 26 siswa. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model ARIAS dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD yang dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I 78,00%, siklus II 80,00%, dan siklus III 91,48%.

 

Kata Kunci: ARIAS, Media Audio Visual, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.