candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIETNIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGHADAPI ERA MEA

Emy Yunita Rahma Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

Masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi tidak memperhatikan pengaruh negatif teknologi tersebut, khususnya berpengaruh pada budaya tradisional dan bahasa nasional. Budaya atau etnis yang terdapat pada di setiap daerah kepulauan Indonesia dengan segala ciri khas berbeda yang terkadang mengakibatkan konflik karena tidak dapat bersatu dalam perbedaan. Hal itu disebabkan oleh tidak terbentuknya karakter bangsa. Salah satu upaya yang digunakan untuk membentuk karakter yaitu melalui pendidikan. Pendidikan karakter berbasis multietnis dapat dijadikan sebagai strategi agar pendidikan karakter tersebut menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa merasa ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter berbasis multietnis tidak memiliki mata pelajaran tersendiri sehingga dilakukan alternatif untuk mengaitkannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain mata pelajaran Bahasa Indonesia digunakan untuk membentuk pendidikan karakter berbasis multietnis yang dijadikan salah satu cara untuk memperkenalkan etnis-etnis yang ada di setiap daerah yang ada di Indonesia, pembelajaran bahasa Indonesia juga bertujuan mempertahankan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan pembelajaran bahasa yang lebih baik, serta mengutamakan etika diharapkan bahasa Indonesia dapat dijadikan bahasa pengantar orang orang ASEAN yang akan bersaing di wilayah Indonesia pada era MEA. Pendidikan karakter berbasis multietnis ini diupayakan mampu membentuk karakter siswa dan mampu mempertahankan kepribadian bangsa dengan pendidikan karakter yang sudah tertanam pada siswa dalam manghadapi persaingan yang lebih tinggi pada era globalisasi, khususnya MEA.

 

Kata kunci : pendidikan, karakter, multietnis, Bahasa Indonesia, MEA

 

ABSTRACT

Indonesian society in using technology does not attention to the negative influence of that technology, especially the influence on national language and traditional culture. Cultural or ethnic in each Indonesian archipelago region with its entire different characteristic that sometimes lead to conflicts because it cannot find unity in diversity. It is caused by the unformed of national character. Multiethnic character-based learning can be used as strategy for student character learning with fun. So, students feel involved in learning process. Multiethnic character-based learning does not have separate subject so we make the alternative to associate it with Indonesian subject learning. Besides Indonesian subjects are used to construct a multi-ethnic-based character learning that is made as one way to introduce ethnics exists in every Indonesia region, Indonesian subject learning also intended to maintain the right and good of Indonesian Language. By the better language learning, and prioritize to ethics can be expected Indonesian can be used as introductory language of ASEAN society who will compete in Indonesia in MEA era. This multiethnic character based learning strived to construct student character and is able to maintain the national identity with character education embedded in students in facing higher competition in globalization era, especially in MEA.

 

Keywords: education, character, multiethnic, Indonesian, MEA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.